Cara Membuat File Batch Script di Windows

Apa itu file Batch?

File batch atau sering di sebut bat pada sistem operasi windows 10 file batch memiliki ekstensi ".bat", File batch adalah file teks yang berisi perintah perintah yang akan dijalankan berurutan melalui Command Prompt atau cmd.

Manfaat File Batch

file bat memiliki fungsi untuk mempermudah kita dalam melakukan suatu task contohnya kita hanya perlu membuat 1 file batch untuk pekerjaan yang sama, dan jika kita ingin melakukan task tersebut kita hanya tinggal menjalankan file batch tersebut, dengan menggunakan file batch kita bisa menyederhanakan pekerjaan karena tidak harus mengetik ulang perintah, menghemat waktu Anda dan menghindari kesalahan.

selain menggunakan Command Promt untuk menajalankan file batch, kita dapat menggunakan alat lain yang lebih advance seperti PowerShell tetapi Command Prompt masih relevan untuk menjalankan perintah untuk mengubah pengaturan, mengotomatiskan rutinitas, dan meluncurkan aplikasi atau halaman web di komputer Anda.


Contoh File Batch

berikut contoh cara membuat file batch untuk membuka suatu aplikasi

1.   buka aplikasi notepad pada PC kalian

2.   pilih aplikasi yang ingin kalian buka dengan cara klik kanan aplikasi tersebut dan pilih properties


3.    salin teks yang ada di kolom start in ( contoh : E:\installer\winbox)



4. pastekan pada notepad, dan berikan perintah untuk membuka file exe


5. simpan file dengan memilih tab "file" di kiri atas lalu klik save as, dan beri nama file dengan format (nama file).bat


kita juga bisa membuat file bat lain seperti untuk membuka informasi koneksi adapter di laptop kita seperti contoh dibawah ini:



ipconfig merupakan perintah untuk membuka informasi adapter internet di cmd dan "pause" digunaka untuk menahan command prompt agar tidak tertutup otomatis.

Perintah dalam File Batch

dan untuk informasi tambahan berikut beberapa perintah yang biasa digunakan dalam membuat file batch:
  • ECHO OFF = Membersihkan tulisan di layar cmd
  • ECHO HALO = Mencetak teks "Halo"
  • PAUSE = Digunakan supaya program tidak berakhir ketika semua perintah telah dijalankan, dan program akan selesai ketika kita menekan  tombol apapun
  • START = Membuka Aplikasi
  • :: = Digunakan untuk menambahkan informasi komentar






Posting Komentar untuk "Cara Membuat File Batch Script di Windows"