Cyber Security Engineering: Pengerian, Tugas dan Skill yang Perlu Kalian Ketahui

Banyaknya pengguna internet di seluruh dunia bagaikan dua sisi mata uang, ada sisi positifnya seperti penyebaran informasi yang begitu cepat, kemudahan dalam kehidupan sehari hari, kemudahan berkomunikasi, tetapi, selain sisi positif, perkembangan pengguna internet di seluruh dunia juga turut membawa sisi negatif.

Belakangan di Indonesia muncul kasus kasus peretasan atau hacking di dunia maya, nama nama seperti byorka dan anonymus menjadi contoh betapa maraknya kasus hacking yang melanda indonesia bahkan dunia, hal ini lah yang membuat muncul istilah baru dalam dunia IT yaitu Cyber Security, yaitu pengamanan sistem atau jalur internet dari serangan cyber oleh para hacker.






Lowongan pekerjaan dengan Posisi Cyber Security di Indonesia sedang mengalami peningkatan yang sangat signifikan, tentu perusahaan atau organisasi tidak mau data dan sistem mereka yang sangat rahasia dapat di bobol oleh seorang hacker, disilah peranan Cyber Security sebagai pengaman data dan sistem dari serangan Hacker.

Karena tingginya permintaan Cyber Security tetapi orang yang ahli dalam bidang tersebut baru segelintir orang, membuat perusahaan berlomba lomba untuk mendapatkan kandidat terbaik dan berani membayar atau menggaji mahal seorang Cyber Security. mungkin kalian yang sedang membaca artikel ini juga sedang tertarik dengan dunia Cyber Security karena gaji yang ditawarkan, belum banyak orang yang menguasai dan lain sebagainya, maka dari itu pada artikel ini akan dibahas tentang pengertian Cyber Security, Tugas Dan Keahlian yang harus dimiliki.


Apa Itu Cyber Secuurity Engineering?

Cyber Security merupakan seseorang yang bertugas untuk menjaga dan mengawasi suatu sistem dan jaringan suatu organisasi dari akses yang tidak dikenali atau tidak diperbolehkan, sehingga perusakan sistem dan pencurian data dapat dihindari. Sebenarnya banyak penyebutan lain dari Cyber Security Engineering, seperti IT Cyber Security dan Cyber Security analis, tetapi pada dasarnya pekerjaan mereka tetap sama sama mengamankan sistem dari hal hal yang tidak di inginkan.


Tugas Seorang Cyber Security Engineering


1. Audit keamanan sistem

Seorang Cyber Security Engineering harus mengenali sistemnya sebaik mungkin, mengenali sistem ini bisa di lakukan dengan cara audit atau melakukan penilaian terhadap sistem yang ada sehingga seorang Cyber Security tau dimana saja terdapat celah celah yang  menjadi kerentanan dari suatu sistem.

Audit atau penilaian ini sangat bermanfaat sebagai catatan perbaikan yang harus dilakukan agar sistem yang dimiliki tidak mudah diserang oleh orang yang tidak di inginkan.

2. Melakukan Perbaikan Kerentanan sistem

Masih bersambung dengan tugas diatas seorang Cyber Security bertugas untuk memperbaiki segala kerentanan yang ada pada sebuah sistem, dalam hal ini tidak jarang juga tetap dibantu oleh Developer asli sistem tersebut karena si Developer lah yang tahu dengan jelas alur alur dari sistem dan kode progeram nya.

3. Melakukan Monitoring

Monitoring sanngat diperlukan dalam menjaga sesuatu apalagi dalam menjaga sistem, karena dalam dunia cyber penyerang bisa menyerang sistem dari mana saja dan kapan saja, Seorang Cyber Security harus melakukan monitoring secara manual ataupun melalui suatu sistem yang dapat membantu monitoring dari serangan cyber, monitoring ini juga bermanfaat apabila terdapat serangan yang berhasil masuk, maka serangan ini dapat segera di atasi

4. Melakukan Tindakan Terhadap Serangan 

Walaupun suatu sistem telah di audit dan telah diperbaiki sehingga seminimal mungkin terdapat kerentanan, nyatanya masih ada juga celah bagi orang lain untuk masuk ke dalam sistem kita, Cyber Security Engineering harus memiliki langkah langkah tindakan yang terukur untuk meminimalkan dampak dari serangan kapada sistemnya


Keahlian yang Harus Dimiliki


1. Coding

coding atau pengkodean adalah skill yang harus dimiliki oleh seorang Cyber Security, karena sistem terbentuk dengan kode hingga ribuan hingga jutaan baris, maka Cyber Security harus paham akan pemrograman yang dipakai, dalam tugas pengauditan dan perbaikan sistem tentu Cyber Security sangat memerlukan skill ini.

2. Network Security

Banyak kasus penyerangan di dunia Cyber berawal dari jaringan internal yang tidak aman sehingga mudah diakses oleh sembarang orang, hal ini menjadi awal pintu masuk berbagai serangan ke sistem kita, Cyber Security Engineering harus paham akan jaringan internal di organisasinya, ia bisa mengamankan jaringan dengan menutup port port jaringan yang tidak terpakai, dan tidak memperbolehkan sembarang orang untuk terhubung ke jaringan internal organisasi.

3. Cloud Security

di zaman Sekarang sistem penyimpanan data di tingkat organisasi atau perusahaan telah banyak bergeser, dari yang dulunya disimpan di harddisk internal kantor, tetapi sekarang sudah banyak perusahaan atau organisasi yang menggunakan teknologi cloud sebagai sistem penyimpanan datanya, walaupun banyak kelebihan teknologi cloud dibandingkan teknologi konvensional, tetapi ada juga kerentanan terhadap serangan cyber, Cyber Security Engineer juga harus memahami teknologi cloud dan juga harus mengamankan sistem cloudnya dari berbagai serangan

4. Kemampuan pengamatan yang jeli

dalam Tugas monitoring tentu seorang Cyber Securiity sangat perlu memiliki kemampuan atau skill dalam mengamati sistem, para penyerang seringkali meletakkan jebakan jebakan atau bersembunyi di dalam sistem, tak jarang juga penyerang memasang pintu belakang atau Backdoor unruk penyerang tersebut bisa kapan saja masuk kembali ke sistem yang di serangnya, maka dari itu Cyber Security Engineer harus jeli membedakan dan mengamati gerak gerik mencurigakan dalam sebuah sistem.

5. Komunikasi

Peranan pengamanan sistem pada organisasi tidak hanya ada pada Seorang Cyber Security Engineering, karyawan lain dalam organisasi juga memiliki peran besar terhadap keamanan suatu sistem, bayangkan kita memiliki teman teman karyawan lain yang tidak peduli dengan keamanan sistem di kantornya, seperti mendownload film atau aplikasi bajakan menggunakan komputer Kantor, Membuka email sembarangan. hal hal tersebut juga bisa menjadi titik awal masuknya serangan kedalam sistem.

Cyber Security Engineer juga harus memiliki Keahlian Komunikasi untuk mengingatkan dan memberikan pelatihan terhadap karyawan lain tentang kerentanan serangan cyber, sehingga dari sisi end user sistem setidaknya mengatahui mana saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk menghindari serangan cyber.

Cyber Security Engineer juga tak jarang harus bekerja dalam tim untuk mengamankan sistemnya, dalam bekerja tim tentu komunikasi menjadi hal pokok dalam suksesnya kerja tim, sehingga keamanan sistem dari serangan dapat berjalan maksimal.

Itu tadi Pengertian, Tugas dan Skill yang harus dimiliki oleh Cyber Security Engineer, bagi kalian yang tertarik di dunia cyber ini , teruslah belajar karena potensi kerja di dunia cyber masih sangat terbuka lebar.

Posting Komentar untuk "Cyber Security Engineering: Pengerian, Tugas dan Skill yang Perlu Kalian Ketahui"